Upgrade Performa Suzuki Smash Titan

Saya baru saja membeli Suzuki Smash
Titan. Mau nanya part pendongkrak
performanya apa saja? Tengkiu MotoBike.

Jawaban :
MotoBike – Untuk mengetahui
peningkatan performa pada Suzuki
Smash Titan, maka dilibatkan 3
komponen yakni CDI BRT Power Max
Dual Band (gbr 1), koil Protec
Carspeed Edition (gbr 2) dan knalpot
AHRS F4 Hexa (gbr 3). Nah untuk CDI
dan koil ketika dipasang bersamaan
dengan knalpot, hasilnya malah drop
ketimbang standarnya. Namun ketika
di test terpisah (koil + knalpot dan CDI
+ knalpot) justru hasilnya lebih baik.

image

image

image

Instalasi CDI dan koil bersamaan
dengan knalpot pada Suzuki Smash
Titan, kurang ampuh mendongkrak
performa. Oleh karenanya diputuskan
untuk mengetes kombinasi koil dan
knalpot terlebih dahulu, kemudian
CDI dan knalpot saja.
“Untuk sebagian CDI racing yang
beredar di pasaran, memang tidak
dirancang untuk dikombinasikan
dengan koil racing. Hal ini bisa
disebabkan oleh faktor grounding dan
untuk mencegah kebocoran induksi
dari koil racing yang bisa mengurangi
usia pakai CDI racing. Nah oleh
karenanya koil racing sudah cukup
mumpuni dipadukan dengan CDI
standar, begitupun sebaliknya,” urai
Rebert Cong, selaku bos PT. Global
Motorindo di Jl. Letjen Suprapto, No.
60, Galur, Johar Baru, Jakpus.
Untuk CDI BRT Power Max Dual Band
dan knalpot AHRS F4 Hexa,
menunjukkan peningkatan tenaga
sebesar 8,5 dk ketimbang standarnya
yang 7,9 dk. Berselisih 0,6 dk dari
standarnya. Selain itu, CDI yang
dibanderol Rp 495 ribu ini jelas tanpa
limiter. Sehingga bisa dibejek hingga
10.500 rpm, ketimbang standarnya
yang terlimit di 9.800 rpm.
Berikutnya giliran koil Protec Carspeed
Edition digeber bareng knalpot AHRS
F4 Hexa. Hasilnya serupa dengan
pengetesan CDI + koil, yakni
meningkat 8,5 dk. Alur kurvanya pun
mirip-mirip , hanya berbeda pada
ujungnya saja yang diketahui
disebabkan oleh limiter CDI standar.
Oleh karenanya, untuk upaya upgrade
performa sebaiknya pilih salah satu.
Yaitu ganti CDI racing dipadu dengan
knalpot racing atau koil racing diinstal
bareng knalpot racing. “Untuk lebih
meningkatkan performa, sebainya
ganti spuyer di karburator. Kenaikan
spuyer cukup 1 step saja untuk
mengimbangi kebutuhan asupan BBM
setelah penggantian part racing,”
papar Robert menambahkan.
Jadi kesimpulannya, cukup pilih salah
satu kombinasi. Yaitu CDI + knalpot
atau koil + knalpot. Semoga
bermanfaat….

sumber : mymotobike.com

6 responses to “Upgrade Performa Suzuki Smash Titan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s