Bongkar Pasang Cutting Sticker Pakai Minyak Angin

image

Memodifikasi
tunggangan
kesayangan biar enak
dilihat, enggak harus
merombak total.
Melainkan bisa juga
dilakukan dengan
permainan grafis. Itu
pun gak harus
airbrush , bisa
dengan cukup pakai
decal atau cutting
sticker . Minimal ganti
stiker bodi
aftermarket yang belakang mulai banyak pilihan
motifnya.
Trik tersebut dari segi biaya lebih hemat dibanding
modifikasi. Selain itu, perawatan maupun proses
pengerjaannya bisa dilakukan sendiri saat ada
waktu senggang. Tapi buat yang kurang paham
atau belum tahu cara menerapkan cutting sticker
sendiri di motor kesayangan, silakan simak nih
penuturan Agus Wicaksono dari Witjak Modizigner
alias spesialis cutting stiker .
Misalnya ketika hendak mengelet stiker lama untuk
diganti yang baru. “Teknik cara mengelet atau
melepas dan pasang stiker butuh ketelitian dan
harus sabar. Enggak boleh asal main tarik.
Sehingga stiker yang ditarik enggak putus-putus,”
sahut pria yang mangkal di Jl. KH. Hasyim Ashari,
Komplek TU, No.9, Tangerang, Jabar.
Sebagai langkah awal, posisikan besutan tersebut
dengan standar tengah. Biar gak jomplang alias
ambruk saat menarik stiker itu! Lalu, buat melepas
stiker dilakukan pada ujung stiker guna
memudahkan saat melepas (gbr.1 ).

image

Triknya jangan ditarik sekuat tenaga, pelan-pelan
saja. Karena bahan stiker orisinal itu akan mudah
putus, sehingga bakalan menarik lagi satu per
satu,” saran pria berkacamata ini, sambil bilang
kalau di sektor lainnya juga diperlakukan yang
sama.
Setelah decal bodi sudah terangkat atau lepas
semua. Dilanjutkan untuk membersihkan bagian
tersebut pakai sabun cuci atau shampoo (gbr. 2).
Pastikan semua kotoran atau noda hilang dan
kering, bro !

image

Kalo gak hilang gimana? “Sabar! Cukup ambil
kompon atau minyak angin ( gbr.3 ). Pake bensin
juga bisa, tapi enggak disarankan. Karena cairan
itu bikin cat dasar gampang pudar. Trus, gunakan
kain bersih dengan cara menggosok secara
perlahan, ” saran pria keturunan Solo, Jateng ini.
Kelar bodi
sudah polos,
tinggal
pasang deh
stiker variasi
atau cutting
sticker
dengan motif
yang
diinginkan. Namun sebelum memasangnya,
pastikan bidang itu harus bersih atau jauh dari
kotoran. Karena akan membuat bidang itu akan
bergelombang atau enggak rata jika ada kotoran
yang menempel.
Jika sudah, buka dulu bagian penutup lem pada
stiker yang mau dipasang. Trus, sesuaikan bentuk
dan posisi yang ingin diterapkan pada bodi.
Supaya nantinya enggak terlihat miring atau aneh.

image

“Jika menemukan bidang yang sulit atau ada
lekukan, cukup dipanaskan dengan korek api
( gbr.4 ). Guna untuk melenturkan stiker tersebut,
sehingga dapat menempel sesuai bentuk bodi,”
tambah pria kalem ini. Tapi jangan lama- lama ya
memanaskannya, cukup beberapa detik saja.
Karena kalau kelamaan, bisa rusak stiker sama
bodinya.
Setelah semua bidang dipasangkan stiker, maka
finishing -nya dilakukan dengan cara memoles
memakai kain bersih dan diberikan polesan bodi.
Sedangkan caranya jangan menggunakan seluruh
telapak tangan, tapi cukup dengan dua jari saja.
Gampang kan?

sumber : mymotobike.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s