Upgrade Performa Suzuki Shogun 125 SP, Nafas Panjang Biaya Rp 1 Jutaan

image

OTOMOTIFNET – Shogun 125 SP
generasi pertama merupakan varian
andalan Suzuki yang terkenal lincah
dan berperforma tinggi. Namun bagi
Riko Muhamad Reza, itu dirasa
masih kurang. “Apalagi kalau dipakai
turing keluar kota, nafas mesin
kurang panjang,” ujar pemilik
Shogun warna merah ini.
Tenang Bro, Usin Sunarya, pemilik
bengkel HDM yang ada di Jl. Gudang
Air, Kampung Rambutan Ciracas,
Jaktim. Punya cara untuk
mengatasinya. Kebetulan juga, HDM
jadi bengkel rujukan anak-anak klub
Shogun.
Hasil oprekannya, tenaga bebek 125
cc itu jadi 9,58 dk/7.900 rpm,
sedang torsi 9,56 Nm/6.400 rpm.
Angka-angka tersebut berdasarkan
pengetesan dengan alat
dynamometer merek Dyno Jet tipe
250i milik Bintang Racing Team
(BRT), di Cibinong, Jabar.
Bila dibandingkan dengan power
standarnya yang 8,4 dk/8.000 rpm
dan torsi 8,3 Nm/6.500 rpm, maka
kilikan Usin berdampak kenaikan
tenaga 1,18 dk dan torsi 1,26 Nm.
Jika dilihat dari grafik tenaga, terlihat
penurunan tenaga di atas 7.900 rpm
lebih landai, artinya nafas mesin
lebih panjang.
Berikut hal-hal yang dilakukan Usin,
untuk mendongkrak tenaga dan
nafas Shogun 125SP.
Piston Thunder 125 dimasukkan
ke boring standar
Noken as dibubut 1 mm
BLOK SILINDER DAN PISTON
Blok standar dikorter 4 mm, agar
piston Suzuki Thunder oversize 50
(57,5 mm) bisa masuk. Cara ini,
membuat volume silinder Shogun
jadi 143,3 cc. Agar tak membentur
kepala silinder, bibir piston dibubut,
lalu diameter dome dibikin 40 mm.
KEPALA SILINDER
Agar kompresi lebih tinggi, kop
dibubut sebanyak 1 mm. Namun
sayang, Usin tak menghitung
sekarang perbandingannya berapa.
“Yang jelas mesti pakai Pertamax
biar enggak ngelitik,” paparnya. Lalu
saluran in dan ex dihaluskan kulit
jeruknya, agar aliran bahan bakar
lebih lancar.
NOKEN AS DAN PER KLEP
Dibubut sebanyak 1 mm agar
angkatan klep lebih besar, namun
lagi-lagi mekanik murah senyum ini
tak menghitung angka pastinya. Lalu
dijodohkan dengan per klep Honda
Sonic, yang memiliki kekakuan lebih
besar, sehingga pada rpm tinggi
klep tak floating. “Pasang pernya
cukup yang besar saja,” tambahnya.
FILTER
Agar pemasukan udara lebih
banyak, kertas filter dilubangi
beberapa bagian. “Sedikit saja pada
bagian tengah, agar sedikit lebih
plong,” terang Usin.
KNALPOT
Kelancaran saluran pelepas gas
buang berpengaruh pada tenaga
yang dihasilkan. Nah agar makin
lancar, silencer dibobok, sedang
lehernya diganti pakai pipa
berdiameter 28 mm, aslinya hanya
22 mm.
PENGAPIAN
Agar mendukung nafas mesin makin
panjang, otak pengapian alias CDI
diganti dengan yang non-limiter.
Caranya dengan mengandalkan CDI
bawaan Suzuki Shogun 110.
Penyesuaiannya, mesti mengatur
ulang panjang sensor pulser di
magnet, disamakan dengan bawaan
Shogun 110 yang hanya 14 mm.
“Potong bagian depan sebanyak 16
mm, dari standarnya yang 30 mm,”
tutupnya.
Part dan jasa
Piston & ring Suzuki Thunder 125
oversize 50
Rp 205 ribu
Bubut piston
30 ribu
Bubut kepala silinder
Rp 25 ribu
Per klep Honda Sonic
Rp 125 ribu
Bubut noken as
Rp 75 ribu
Bobok knalpot & ganti leher
Rp 100 ribu
CDI Suzuki Shogun 110
Rp 350 ribu
Jasa
Rp 200 ribu
Total
Rp 1.110.000
HDM : 021-80375644/021-87781039

2 responses to “Upgrade Performa Suzuki Shogun 125 SP, Nafas Panjang Biaya Rp 1 Jutaan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s