MENGENALI DAN MERAWAT GIR DAN RANTAI

image

mempunyai peran yang cukup vital buat
dukung kinerja motor. Terlebih lagi,
piranti ini menjadi media penghantar
semburan power mesin. Maka, wajib
dapat menyerasikan dengan gaya
berkendara ridernya. Selain itu, gir
dan rantai juga dituntut serasi dengan
sistem suspensi.
Dan seiring dengan perkembangan
modifikasi sektor kaki-kaki yang
berkembang pesat, maka gir dan
rantai juga sering diracik ulang sesuai
dengan kebutuhan. Namun ternyata
masih banyak rider yang bingung
memilih gir dan rantai, maka berikut
ini cara dan langkah yang perlu
diperhatikan saat belanja gir dan
rantai.dhmz/pid
MENYIASATI GIR DAN RANTAI PROFIL
420
Makin banyak saja bebek yang
berkapasitas 125cc menggunakan
profil rantai dan gir 420. Tujuannya
agar tingkat gesekan lebih minim dan
power mesin dapat tersalur sempurna
ke roda, seperti awal tujuan pabrik.
Untuk mempertahankan agar rantai
tetap awet, ketika masih sering
berkendara single, dapat disiasati
dengan perbandingan final gear agak
berat. Misalkan standarnya pakai
perbandingan 14-36, dapat
menggantinya dengan 14-33 atau
14-34, agar beban yang diterima
rantai tak terlalu besar saat menarik
gir belakang.
Tapi, ketika sudah dominan mengusung
beban berat, idealnya langsung saja
ganti gir dan rantai profil 428. Sebab
beban yang ditanggung rantai tak lagi
tergantung perbandingan gir,
melainkan beban yang diusung motor.
PROFIL 415 SPESIAL BALAP
Gir berukuran 415 sangat diminati
para pecinta kecepatan tinggi dan
balap. Dimensinya tipis, sehingga
bidang gesek jadi berkurang, alhasil
mekanis bushing roller rantai lebih
ringan menggelincir. Akhirnya transfer
power mesin lebih fokus dikonversi ke
speed dan tak dipengaruhi oleh
tingkat gesekan rantai-gir yang
berlebihan.
Kalau sudah paham dengan profil gir
dan rantai yang dipakai balap, maka
ada baiknya jika modif konsep street
racing maupun racing look
mengaplikasinya, agar tetap
nyambung.
Mengingat, produsen yang bermain di
level rantai dan gir ini rata-rata
kategori daftar part kompetisi, maka
jangan heran kalau harganya lebih
mahal.

MENGENALI JENIS BAHAN GIR
Banyak jenis yang beredar di pasaran,
mulai dari yang berkualitas tinggi
hingga yang pahe. Sebelum kita
memilih gir yang akan diaplikasi, ada
baiknya kenali lebih dulu bahan yang
dipakai, paling mudah dapat dikenali
dari warnanya.
KUNING KEHIJAUAN
Ciri khasnya, saat dipukul, suara
tingnya panjang tapi lemah. Komposisi
bahan dapat dipastikan ada
kandungan besi 75% dan almu 25%.
Kadar besi semakin banyak, cocok
untuk keperluan adventure, road race,
drag bike, motor niaga dan mesin
berkapasitas besar. Tapi ingat,
pemakaian gir jenis ini wajib
dikombinasi rantai orsi bawaan
pabrik. Sebab kalau dipasangkan
dengan rantai variasi, umur rantai tak
akan lama.
PUTIH MENGKILAP
Dimaksud bukan hasil krom, kalau
dipukul suara tingnya pendek serta
bobot lebih berat. Maka dipastikan,
campuran besi dan seng lebih banyak,
berkisar 95% dan almu cuman 5%.
Tipikal gir ini juga cocok untuk
keperluan seperti gir warna kuning
kehijauan, begitu juga dengan
keperluan dalam pemakaian rantainya.
SILVER GELAP
Dan ketika dipukul suara tingnya
lemah, tapi durasinya lama. Kalau
didefenisikan berarti kadar besi dan
almunya 50% : 50%. Bobot ringan,
cocok untuk konsumsi motor modifikasi
harian, street racing atau racing style
menu kontes. Mengingat, beban
tarikan yang diterima gir tak terlalu
tinggi. Dengan begitu, umur gir dapat
bertahan lama.

GANTI PROFIL BAN, SETING
PERBANDINGAN GIR
Tradisi modifikasi tapak kaki, sudah
biasa terjadi di seputaran modif
mania. Ada yang dibuat lebih ceking
dan sebaliknya, hingga proses
penyusutan diameter peleknya.
Padahal, secara tak langsung
penggantian profil ban mengecil ini,
sama halnya dengan memperberat
perbandingan final gear dan
sebaliknya.
Untuk menyiasati saat penggantian
final gear, pakai saja rumus paling
simpel. Caranya, ukuran mata gir
belakang, bagikan dengan gir depan.
Prinsipnya, kalau hasil perbandingan
cenderung lebih besar, akselerasi
dihasilkan lebih responsif. Contohnya,
perbandingan final gear standarnya
15-44, kondisi velg ring 18 diganti
17.
Maka, untuk  mendapat perbandingan
final gear yang ideal, dapat diusut
dari perbandingan final gear orsinya.
Hasilnya 44 : 15 = 2,9, maka perlu
digantikan dengan perbandingan final
gear 44 : 14 = 3,1 untuk menyiasati
makin kecilnya ukuran ring velg.
SOLUSI PENGGANTI RANTAI-GIR 521
Kalau mencermati perilaku penggemar
tema Euro fighter termasuk juga Brat
style yang dominan mengandalkan
tapak kaki lebar hingga 5,5″, maka
untuk menyiasatinya gir dan rantai,
dapat mengusung jenis industri yang
rantainya biasa dijual meteran dengan
profil 520-521.
Cara ini diaplikasi untuk melayani
peningkatan traksi yang dihasilkan,
agar bushing roller dan plat rantai tak
mudah rusak atau oblak yang
berpeluang menyebabkan putus. Cara
ini juga diklaim lebih hemat, ketika
dibandingkan dengan belanja rantai
profil 521 bawaan motor yang
harganya tembus di atas Rp. 1 juta.
TRIK MEMAKAI RANTAI & GIR
BERWARNA
Beberapa produsen yang kebetulan
menggeluti bisnis gir dan rantai,
mempunyai trik jitu untuk mencari
pangsa pasar lebih. Salah satunya
dengan memberi warna pada rantai
dan gir. Untuk mempertahankan warna
rantai dan gir agar tak mudah pudar,
ada baiknya jaga suhu rantai jangan
sampai terlalu tinggi suhunya.
Cara simpel, dapat diatasi dengan
rajin mencuci rantai dari benda asing
dengan solar, setelah bersih baru
semprot dengan chain lube. Sedang,
tegangan rantai seting jangan terlalu
kencang. Sebab kondisi demikian,
rantai jadi mudah panas. Solusi lain,
silahkan tambahkan tensioner rantai
untuk menjaga tegangan rantai agar
tak terlalu kendor dan kencang.
GIR BUTA
Biasa dikonsumsikan buat tuner drag
bike. Kelar mengganti gigi rasio,
biasanya kebingungan mencari gir
yang dimaksud. Untuk menyiasatinya,
saat ini dapat diburu di gerai variasi
gir buta. Jadi gir ini, cuman dilengkapi
lubang bagian tengah. Sedang lubang
dudukan bautnya dapat dibuat sendiri
di bengkel bubut sesuai dengan panel
gir yang dipakai.

Sumber :
http://www.ototrend.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1946:mengenali-dan-merawat-gir-dan-rantai&catid=79:guides&Itemid=422

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s