Pakai Per Kopling Suzuki Smash Dipasang Suzuki Satria F-150, Lebih Nyentak!

subtitusi-per-20140919

Ada trik simpel untuk meningkatkan akselerasi Suzuki Satria F-150 atau FU. Yakni, dengan mengadopsi per kopling saudaranya, Smash. Dijamin tarikan Satria FU ente bisa lebih nyentak lagi. Kok bisa?

Gini bro, per kopling Smash yang harganya Rp 5 ribu per biji ini punya dimensi lebih tinggi dari milik FU. Efeknya, bisa memberikan tekanan pada pelat gesek dan kampas kopling lebih kuat, dan mampu berbalik lebih cepat. Sehingga otomatis kopling tak mudah slip.

“Per kopling Smash juga punya daya tahan lebih bagus, dan kekuatan pegasnya tak mudah loyo. Beda dengan per kopling racing yang cepat melemah. Selain itu, gak bikin tarikan tuas kopling jadi terlalu keras. Jadi, tetap nyaman buat penggunaan harian,” beber Hardi ‘Kampret’ yang juru korek bengkel Camp 49 di Jl. Radio Dalam No. 49, Jakarta Selatan.

Oh iya, buat adopsi per kopling Smash di F-150, gak bisa langsung plek. Harus ada penyesuaian di bagian rumah per kopling. Sebab, per kopling Smash punya diameter yang lebih besar dari orisinilnya FU. Mau tidak mau sobat harus mampir ke bengkel bubut.

Per kopling standar FU punya panjang 31 mm. Sedang milik Smash 32 mm, atau lebih panjang 1 mm. Untuk jumlah ulir juga berbeda. Punya FU ada 8 dan Smash hanya 6 ulir saja. Tentunya hal ini berpengaruh dengan tekanan yang diberikan oleh per.

Brother yang bingung harus membubut rumah per kopling seberapa banyak, tinggal ukur saja. Diameter per kopling FU 16 mm. Sedangkan Smash terukur 18,5 mm. Secara matematik, brother harus membesarkan rumah per kopling sebanyak 2,5 mm. Gampangnya, bawa saja per kopling Smash ke tukang bubut. Tinggal minta tukang bubut untuk menyeseuaikan ukuran lubang per-nya. Biayanya sekitar Rp 50-70 ribu.

Kalau ditotal, tak sampai Rp 150 ribu, tarikan Satria F-150 ente bisa makin maknyus. Cobain dah!

souce :

(www.motorplus-online.com)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s